FESTIVAL DANAU SENTANI

Danau Sentani merupakan salah satu danau terbesar di Papua yang lokasinya tidak jauh dari Jayapura, ibu kota Papua. Rumah panggung dengan kolam dan jaring penangkap ikan adalah pemandangan umum di danau ini. Danau Sentani juga merupakan rumah bagi setidaknya 33 jenis ikan yang hampir separuhnya adalah asli danau tersebut. Wisatawan biasanya akan memberanikan diri berenang di danau atau berbaur dengan masyarakat lokal yang ramah sambil melihat proses pembuatan sagu, makan papeda, atau mencicipi buah matoa yang biasa dijajakan di pinggir jalan atau di pasar tradisional.

Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitarDanau Sentani. Festival ini diselenggarakan sejak 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. FDS ini banyak diikuti oleh turis Belanda maupun turis lokal. Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Berkas:Antarafoto-1276935306-.jpg;

Melukis wajah sebelum pentas FDS(Festival Danau Sentani)


Berkas:Fds perahu.jpg   Tarian di atas perahu

Berkas:Fds1.jpgTarian Tifa di atas perahu.

Festival ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama. Nasionalime yang sangat kental terjalin di antara sesama, mengingat di Papua terdiri dari ratusan suku-suku kecil yang terkadang gampang bentrok.
Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara di antaranya adalah pagelaran budaya, pameran barang seni papua, dan tour wisata.


Itulah Informasi yang dapat saya berikan tentang Festival Danau Sentani. :)

Sumber : 
-http://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Danau_Sentani

-http://indonesia.travel/id/event/detail/861/festival-danau-sentani-2014-danau-indah-dengan-pesta-adat-dan-pagelaran-seni-budaya-papua



Komentar

Posting Komentar